IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI PENANAMAN MINAT BACA DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI 02 KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG
Arvi Okta Berliana , 1401415174 (2019) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI PENANAMAN MINAT BACA DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI 02 KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI PENANAMAN MINAT BACA DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI 02 KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG)
- Published Version
Download (732kB) | Preview |
Abstract
Kualitas pendidikan sering dikaitkan dengan minat baca masyarakat. Pembiasaan membaca perlu ditanamkan sejak dini. Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu program pemerintah yang berupaya untuk menumbuhkan budi pekerti dan minat baca siswa melalui kebiasaan membaca 15 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi GLS dalam menanamkan minat baca dan disiplin siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 02, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah SD Negeri Tegalsari 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) GLS dalam menanamkan minat baca siswa dapat diamati dari kondisi siswa yang antusias, keinginan siswa membaca mulai muncul, adanya pemanfaatan sumber bacaan, dan adanya pengaruh lingkungan sosial, (2) penanaman disiplin siswa dalam GLS dapat diamati dari sikap siswa yang tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, siswa berpakaian sopan dan rapi, siswa patuh pada aturan yang ditentukan, dan adanya kesadaran siswa mengajak tertib, (3) kekuatan GLS dalam menanamkan minat baca yaitu pembiasaan, motivasi guru, penyediaan pojok baca sedangkan kelemahannya yaitu kurangnya jumlah buku, kurangnya motivasi orang tua, metode menanggapi bacaan kurang bervariasi, (4) kekuatan GLS dalam menanamkan disiplin siswa yaitu pembiasaan, keteladanan guru, dan reward edangkan kelemahannya yaitu sanksi/hukuman yang kurang tegas. Gerakan Literasi Sekolah di SDN Tegalsari 02 dinilai dapat menanamkan minat baca dan disiplin siswa walaupun belum optimal karena masih ada kelemahan. Upaya yang dilakukan dengan pembiasaan membaca, penanaman nilai-nilai saat GLS, dan motivasi yang diberikan guru saat akhir GLS. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pembaca. Sekolah dan orang tua hendaknya lebih memberikan dukungan dan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan minat baca dan disiplin.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah; Disiplin; Minat Baca |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 15:49 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 15:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33494 |
Actions (login required)
View Item |