ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN KARANGASEM 03 KABUPATEN BATANG


IGA RAHMA SAFITRI , 1401415173 (2019) ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN KARANGASEM 03 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN KARANGASEM 03 KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (ANALISIS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SDN KARANGASEM 03 KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (858kB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler pramuka memberikan peran yang cukup sentral dalam sebuah proses pembentukan karakter siswa SDN Karangasem 03. Ekstrakurikuler pramuka senantiasa memproduksi karakter siswanya dengan berbagai kegiatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses konstruksi karakter siswa kelas III, bentuk-bentuk kegiatan untuk membangun karakter, dan respon siswa terhadap proses pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian sebanyak 35 siswa kelas III, 1 pembina pramuka, 1 guru kelas III, dan 1 kepala sekolah. Obyek penelitian ini adalah karakter disiplin, tanggung jawab, dan ekstrakurikuler pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa ekstrakurikuler pramuka dalam mengkonstruksi pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab dilakukan melalui tiga tahap yang mengintegrasikan pendekatan olah hati, olah pikir, olah, raga, olah rasa dan karsa. Ada 5 bentuk latihan ekstrakurikuler pramuka untuk mengkonstruksi karakter disiplin dan tanggung jawab siswa yaitu, PBB, tali temali, upacara apel, tepuk dan bernyanyi, serta persari dalam kegiatan pesta siaga. Kemudian ditemukan adanya dua respon siswa terhadap proses konstruksi pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab Dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses konstrusi karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SDN Karangasem 03 ada 3 tahapan yaitu tahap awal, tahap sentral, dan tahap akhir; (2) Karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dibangun melalui latihan-latihan yang ada di kegiatan ekstrakurikuler pramuka namun kegiatan tersebut masih monoton sehingga pembentukan karakter pada diri siswa belum kuat; (3) Terdapat respon yang variatif dalam proses konstruksi karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu respon penerimaan dan respon pengabaian. Variasi respon tersebut muncul sebagai konsekuensi bahwa masih terdapat siswa yang belum berkarakter disiplin dan tanggung jawab dalam kesehariannya di sekolah. Disarankan ekstrakurikuler pramuka perlu melakukan pendekatan kepada semua siswa agar ketiga tahapan tersebut dapat dilalui siswa dengan baik. Perlu dilakukan proses dekonstruksi latihan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk memperkuat bangunan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Ekstrakurikuler pramuka perlu membiasakan peraturan yang ketat kepada siswa agar berkarakter disiplin dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Ekstrakurikuler Pramuka; Konstruksi; Tanggung Jawab
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 14:55
Last Modified: 02 Dec 2019 14:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33493

Actions (login required)

View Item View Item