PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT PINTAR BERBASIS TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 WERDI PEKALONGAN


Laila Fatimah An Nadhiroh , 1401415168 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT PINTAR BERBASIS TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 WERDI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT PINTAR BERBASIS TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 WERDI PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA SIRKUIT PINTAR BERBASIS TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 02 WERDI PEKALONGAN) - Published Version
Download (937kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian didapati kenyataan bahwa masih banyak siswa yang nilai hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatifnya rendah pada pembelajaran IPS materi Sumber Daya Alam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan cara mengembangkan media pembelajaran berupa permainan dengan menggunakan media sirkuit pintar berbasis TGT materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SDN 02 Werdi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan media dan kelayakan media serta kefektifan media sirkuit pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar muatan IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk sirkuit pintar berbasis TGT pada pembelajaran IPS. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN 02 Werdi dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian dilaksanakan sejak bulan September sampai April 2019. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 02 Werdi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kelayakan produk, uji normalitas, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media sirkuit pintar berbasis TGT dinyatakan layak oleh ahli media, ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 99% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan materi yaitu 100% termasuk kriteria sangat layak; (2) media sirkuit pintar berbasis TGT meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif. Dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 45,39 dan perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 38,71 serta peningkatan rata-rata (n-gain) hasil belajar sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan peningkatan rata-rata (n-gain) kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media sirkuit pintar berbasis TGT layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS. Saran yang diberikan yaitu media sirkuit pintar berbasis TGT ini dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lainnya dengan mengembangkan berbagai konsep mata pelajaran yang akan dirancang didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; Sirkuit Pintar; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 14:55
Last Modified: 02 Dec 2019 14:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33492

Actions (login required)

View Item View Item