PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC PUZZLE BERBASIS VAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02


Cindy Indrawati Santosa , 1401415163 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC PUZZLE BERBASIS VAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC PUZZLE BERBASIS VAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC PUZZLE BERBASIS VAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02) - Published Version
Download (841kB) | Preview

Abstract

Muatan pembelajaran IPA di SD kelas V pada tema 8 adalah materi yang membahas tentang siklus air. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VA dan mengamati proses pembelajaran di kelas VA SDN Ngemplak Simongan 02 ditemukan siswa masih mengalami kesulitan saat pembelajaran IPA, guru sering menggunakan metode ceramah, media yang kurang bervariasi serta kemampuan berpikir kreatif siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media Magic Puzzle berbasis VAK. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA di SDN Ngemplak Simongan 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ngemplak Simongan 02 dan sudah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik tes dan non tes berupa wawancara. Uji prasyarat analisis meliputi uji kelayakan, uji normalitas, uji t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan media Magic Puzzle berbasis VAK dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa melalui delapan tahap pengembangan menghasilkan kombinasi media puzzle dan teka-teki silang yang diberi nama peneliti media Magic Puzzle berbasis VAK, peneliti mengembnagkan tiga jenis puzzle, mendapatkan persentase penilaian kelayakan dari ahli materi sebesar 75% kriteria layak dan ahli media 90% kriteria sangat layak. Pada uji coba rata-rata pretest 45,09 dan posttest 76,12 dengan n-gain sebesar 0,56 termasuk dalam kriteria sedang. Pada pengujian t-test menunjukan hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran pertama menunjukkan rata-rata 60,7 dan pembelajaran kedua menunjukkan rata-rata 72,8 dengan n-gain sebesar 0,303 kriteria sedang. Pada pengujian t-test hasil pembelajaran setelah menggunakan media t07,56 lebih besar dari ttabel2,03. Simpulan penelitian adalah media Magic Puzzle berbasis VAK melalui delapan tahap pengembangan, media ini layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran peneliti yaitu media Magic Puzzle dapat dijadikan media alternatif yang inovatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar IPA, Media Magic Puzzle, VAK.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 14:58
Last Modified: 02 Dec 2019 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33491

Actions (login required)

View Item View Item