PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Amalia Khoirunisa , 1401415159 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan belajar dan motivasi belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar menggambar siswa. Siswa yang memeroleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar menggambar siswa. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar menggambar akan semakin tinggi pula. Begitu pun dengan motivasi belajar, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka hasil belajar menggambar siswa akan meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar menggambar; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menggambar; dan (3) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menggambar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal sebanyak 249 siswa. Sampel penelitian sebanyak 154 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar menggambar dengan sumbangan pengaruh sebesar 26,4%; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menggambar dengan sumbangan pengaruh sebesar 36,1%; dan (3) terdapat pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menggambar dengan sumbangan pengaruh sebesar 43,9%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggambar siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Dengan demikian, semua pihak baik guru, orangtua maupun masyarakat hendaknya memerhatikan dan meningkatkan lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa untuk dapat mencapai hasil belajar menggambar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Menggambar; Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 14:59
Last Modified: 02 Dec 2019 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33490

Actions (login required)

View Item View Item