HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK


Diha Faniastuti , 1401415152 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (621kB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup muatan pelajaran IPS mencakup materi yang luas yaitu segala hal yang berkaitan dengan manusia dan kehidupannya. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui observasi dan wawancara diketahui bahwa motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Gugus Sunan Ampel Demak berbeda-beda, serta hasil belajar IPS yang diperoleh siswa perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yaitu menguji hubungan dan mengetahui seberapa besar kontribusi (1) antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa; (2) antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS siswa; (3) antara motivasi belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 138 siswa. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 138 siswa yang diperoleh dari teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai rhitung 0,644 serta berkontribusi sebesar 41,5%; (2) antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai rhitung 0,619 berkontribusi sebesar 38,4%; (3) antara motivasi belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai rhitung 0,684 serta berkontribusi sebesar 46,8%. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa serta berkontribusi sebesar 41,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS siswa serta berkontribusi sebesar 38,4%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Sunan Ampel Demak serta berkontribusi sebesar 46,8%. Saran bagi guru hendaknya memotivasi siswa khususnya pada indikator tertantang memecahkan soal yang kompleks. Guru juga harus melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran terutama pada indikator memanfaatkan sumber belajar yang ada sehingga berpengaruh pada perolehan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; keaktifan siswa; motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 14:59
Last Modified: 02 Dec 2019 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33489

Actions (login required)

View Item View Item