HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN TUGU KOTA SEMARANG


Fadhilah Rahmadhani , 1401415149 (2019) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN TUGU KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN TUGU KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat belajar dan kebiasaan belajar merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Seseorang yang memiliki minat belajar rendah dan kebiasaan belajar yang buruk, akan mempengaruhi hasil belajarnya. Semakin tinggi minat belajar dan kebiasaan belajar yang baik, semakin tinggi pula hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan antara: 1) minat belajar dengan hasil belajar IPS; 2) kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS; dan 3) minat belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian adalah 182 siswa. Teknik sampel yang digunakan ialah teknik sampling kuota dengan mengambil sampel sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Melakukan uji persyaratan meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil uji persyaratan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, memiliki hubungan yang linier, dan tidak terjadi hubungan multikolinieritas antar variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,696 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 48,4%, 2) ada hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,712 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 50,7%, 3) ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,743 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,1%. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Saran bagi guru dan sekolah diharapkan dapat memberikan tugas yang melibatkan siswa secara aktif dalam upaya peningkatan minat belajar dan kebiasaan belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; kebiasaan belajar; minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:00
Last Modified: 02 Dec 2019 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33488

Actions (login required)

View Item View Item