KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Tika Meliawati , 1401415142 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 02 PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurangnya keberhasilan proses pembelajaran IPA yaitu guru kurang berinovatif dalam menyajikan pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran IPA. Akibatnya kurang terciptanya suasana yang dapat membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu perlu inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN 02 Pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 02 Pener (kelas eksperimen) dan SDN 03 Pener (kelas kontrol) dengan jumlah 53 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Uji coba instrumen dilakukan di kelas V SDN 01 Pener penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Hasil pengujian hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samplest-test menunjukkan bahwa thitung>ttabel(5,326> 2,007) dan nilai signifikansi 0,000 <0,05 dan terhadap hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,347 > 2,007) dan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap motivasi belajar IPA menggunakan uji One Samplest-test menunjukkan thitung > ttabel (9,614 > 2,051) dan terhadap hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel(7,415> 2,051). Dibuktikan dengan nilai indeks pada kelas eksperimen memeroleh sebesar 86,02% dan di kelas kontrol memeroleh sebesar 71,78%, sedangkan hasil belajar kelas eksperimen memeroleh rata-rata 86,43% dan di kelas kontrol memeroleh rata-rata 73,80%. Disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 02 Pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang pada materi sifat-sifat cahaya. Berdasarkan penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada guru agar mampu menerapkan dan mengolaborasikan model pembelajaran Discovery Learning dengan model atau metode pembelajaran lain dengan menyesuaikan antara kebutuhan siswa, kesesuaian materi, dan fasilitas yang tersedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Sifatsifat cahaya.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:01
Last Modified: 02 Dec 2019 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item