KEEFEKTIFAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU POLA KERTAS STRIMIN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS III SDN SIDAKATON 02 KABUPATEN TEGAL


Hanifa Risalati Robbi , 1401415140 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU POLA KERTAS STRIMIN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS III SDN SIDAKATON 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU POLA KERTAS STRIMIN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS III SDN SIDAKATON 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU POLA KERTAS STRIMIN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR DEKORATIF SISWA KELAS III SDN SIDAKATON 02 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (881kB) | Preview

Abstract

Seni Budaya dan Keterampilan khususnya dalam pembelajaran seni rupa, guru masih menggunakan model konvensional dimana pada materi menggambar guru biasanya hanya memberikan instruksi menggambar tanpa adanya arahan dan petunjuk yang jelas sehingga hasil karya kurang sesuai dengan yang diharapkan. Model Explicit Instruction berbantu Pola Kertas Strimin dapat membantu siswa dalam memahami pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan sehingga karya yang dihasilkan dapat sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan Model Explicit Instruction berbantu Pola Kertas Strimin ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidakaton 02 Kabupaten Tegal. Jumlah populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah 63 siswa, terdiri dari kelas eksperimen 34 siswa dan kelas kontrol 29 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk menguji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji pihak kanan one sample t-test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap motivasi belajar menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung > ttabel (4,416 > 2,000), dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,453 > 2,000) maka H01 dan H02 ditolak yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model Explicit Instruction berbantu Pola Kertas Strimin dengan yang tidak menerapkan. Hasil uji pihak kanan menggunakan one sample t-test terhadap motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel (6,962 > 1,692), sedangkan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,787 > 1,692), maka H03 dan H04 ditolak yang berarti model Explicit Instruction berbantu Pola Kertas Strimin lebih efektif ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar daripada yang tidak menerapkan. Penerapan model ini perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya, sehingga pelaksanaanya dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: explicit instruction, hasil belajar, motivasi belajar, pola kertas strimin
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:03
Last Modified: 02 Dec 2019 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33484

Actions (login required)

View Item View Item