STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS SMA NEGERI 1 SOKARAJA


Prita Wulandari, 3101412059 (2019) STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS SMA NEGERI 1 SOKARAJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412059maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di sekolah bertujuan agar siswa memperoleh kemampuan berpikir historis dan pemahaman sejarah. Untuk mengatasi kurangnya akses siswa untuk berkembang secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran maka model pembelajaran inkuiri cocok untuk diterapkan di kelas karena dirasa mampu mengatasi hal tersebut kaitannya dengan pembelajaran sejarah. Tujuan diterapkannya model pembelajaran inkuiri yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Metode Penelitian menggunakan penelitian quasi experimental design. Penelitian quasi experimental design mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhinya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IIS 1 dan X IIS 2 dengan jumlah 30 siswa tiap kelasnya. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,766 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75,033 ini berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata post tes kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,945 > 1,671 yang berarti bahwa kedua tersebut ada perbedaan yang. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran sejarah kelas X IIS SMA Negeri1 Sokaraja dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk pembelajaran sejarah dikemudian hari adalah model pembelajaran inkuiri dapat diterapkan kembali dengan alasan mampu memotivasi siswa untuk dapat belajar secara aktif dan kreatif dan di akhir pembelajaran perlu adanya konfirmasi agar tidak terjadi miskonsepsi materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:42
Last Modified: 02 Dec 2019 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33481

Actions (login required)

View Item View Item