KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPS DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI DUKUHTENGAH KABUPATEN TEGAL
Desi Riyani , 1401415126 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPS DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI DUKUHTENGAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTU MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN IPS DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI DUKUHTENGAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (975kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPS adalah guru masih kurang inovatif dalam menerapkan model ataupun media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPS. Dengan model pembelajaran Word Square berbantu media Prezi, pembelajaran akan aktif melibatkan siswa, dan materi disampaikan dengan media presentasi Prezi akan lebih menarik perhatian, dengan perhatian akan timbul motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Word Square berbantu media Prezi pada pembelajaran IPS kelas III materi mengenal uang antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Word Square berbantu media Prezi dengan yang menerapkan model konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Dukuhtengah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 67 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IIIA dan IIIB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas III SD Negeri Kedawung Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,559 > 1,997), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan motivasi belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (5,970 > 2,035), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,747 > 1,997), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (5,432 > 2,035) , sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran Word Square berbantu media Prezi terbukti efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa daripada model konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Media Prezi; Model Pembelajaran Word Square; Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 13:34 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 13:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33480 |
Actions (login required)
View Item |