Persepsi Masyarakat Kelurahan Mangkang Wetan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.


Padang Widiastuti, 1201401032 (2006) Persepsi Masyarakat Kelurahan Mangkang Wetan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Kelurahan Mangkang Wetan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.]
Preview
PDF (Persepsi Masyarakat Kelurahan Mangkang Wetan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan persepsi masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana persepsi masyarakat ditinjau dari tingkat pendidikan terhadap PAUD, (2) adakah perbedaan persepsi di masyarakat ditinjau dari tingkat pendidikan terhadap PAUD. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap PAUD ditinjau dari tingkat pendidikan dan (2) untuk mengetahui perbedaan persepsi di masyarakat terhadap PAUD ditinjau dari tingkat pendidikan. Populasi penelitian ini adalah ibu-ibu di lingkungan Kauman kelurahan Mangkang Wetan yang mempunyai anak dalam rentang usia 3- 6 tahun. Sampel ditetapkan dengan teknik stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan quesioner dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah analisis varians (ANOVA) satu jalur. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Masyarakat setuju terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak, secara rinci: terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini di sentra dan di keluarga, pemberian stimulus daya cipta, pemberian stimulus motorik kasar, pemberian stimulus motorik halus, pemberian stimulus moral, pemberian stimulus spiritual, pemberian stimulus sosial, pemberian stimulus emosional pada pendidikan anak usia dini, (2) responden yang memiliki persepsi paling baik adalah mereka yang berpendidikan SMA, kemudian secara berurutan yang berpendidikan SMP, SD dan yang terakhir Perguruan Tinggi, (3) ada perbedaan persepsi di masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini berdasarkan jenjang pendidikan orang tua baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bahwa dalam rangka me-ningkatkan pemahaman dan pengertian akan pentingnya pendidikan anak usia dini di sentra dan keluarga untuk masyarakat yang berpendidikan SD dan SMP maka diperlukan penyuluhan-penyuluhan terhadap mereka tentang pentingnya pen-didikan anak usia dini untuk pertumbuhan pribadi anak. Karena persepsi responden yang berpendidikan SD dan SMP dalam pemberian stimulus pada anak usia dini rata-rata 30% maka perlu diberikan pengarahan-pengarahan tentang pentingnya pemberian stimulus baik daya cipta, motorik kasar, motorik halus, sosial maupun moral.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:48
Last Modified: 15 Aug 2011 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item