HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SUPRIYADI KABUPATEN KENDAL


Shinta Damayanti , 1401415123 (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SUPRIYADI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SUPRIYADI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SUPRIYADI KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempenga- ruhi hasil belajar PPKn siswa. Hasil belajar yang optimal dapat diraih dengan menanamkan kebiasaan belajar yang baik pada siswa seperti cara mengikuti pela- jaran dengan baik, cara belajar di rumah, cara belajar berkelompok yang baik, mempelajari buku teks, dan sikap menghadapi ujian serta memotivasi siswa dalam belajar yaitu dorongan mental yang ada di dalam individu untuk menggerakkan dan mengarahkan perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) kebiasaan belajar dengan hasil belajar PPKn. (2) motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn. (3) kebiasaan dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi berjumlah 201 siswa Sekolah Dasar Gugus Supriyadi Kabupaten Kendal dengan sampel penelitian 127 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik Propor- tional Random Sampling. Variabel penelitian ini adalah kebiasaan belajar, moti- vasi belajar, dan hasil belajar PPKn, Teknik pengumpulan data dengan mengguna- kan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil analisis data menggunakan rumus product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistic 22 adalah: hasil rhitung variabel kebiasaan belajar dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,565 > 0,176), besar koefisien determinasi 31,92%; (2) hasil rhitung variabel kebiasaan belajar dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,555 > 0,176), besar koefisien determinasi 30,80%; (3) hasil rhitung variabel kebiasaan dan motivasi belajar dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,610 > 0,176), besar koefisien determinasi 37,21%. Simpulan penelitian ini adalah: terdapat hubungan yang positif dan signifi- kan antara kebiasaan dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn, nilai rhitung 0,610 dan termasuk dalam kategori kuat. Harapan peneliti agar guru lebih meningkatkan kebiasaan belajar siswa dan lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kebiasaan belajar, motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:36
Last Modified: 02 Dec 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33477

Actions (login required)

View Item View Item