KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Nur Laela , 1401415121 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan beberapa masalah mengenai pembelajaran matematika di kelas IV SD Gugus Larasati Kota Semarang yaitu: hasil belajar matematika siswa yang belum mencapai KKM, penggunaan model pembelajaran yang belum optimal dan berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, dan media yang digunakan masih kurang memadai sehingga tingkat pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran PBL berbantuan media tangram terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Gugus Larasati Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian semu dengan bentukdesain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Larasati Kota Semarang dengan jumlah siswa 144 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random samplingyaitu pengambilan sampel secara acak. Diperoleh SDN Pakintelan 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Sumurrejo 02 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa kelas eksperimen telah mencapai KKM dengan nilai z hitung (0,9090) > z tabel (0,1736). Hasil uji t kelas eksperimen dengan nilai thitung(5,169)> ttabel (2,021). Hasil uji N-gain kelas eksperimen (0,6679)> N-gain kelas kontrol (0,299). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media tangram lebih efektifterhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Larasati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika; model Problem Based Learning;tangram
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:36
Last Modified: 02 Dec 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33476

Actions (login required)

View Item View Item