KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE CC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN PONCOL 01 KOTA PEKALONGAN


Ghina Afifah , 1401415120 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE CC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN PONCOL 01 KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE CC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN PONCOL 01 KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ANIMATE CC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN PONCOL 01 KOTA PEKALONGAN) - Published Version
Download (992kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPA adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPA. Media pembelajaran Adobe Animate CC ini berbentuk aplikasi yang akan lebih menarik perhatian siswa, karena perhatian inilah yang penting dalam proses belajar, sehingga timbul rangsangan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media Adobe Animate CC ditinjau dari motivasi dan hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan media Adobe Animate CC dengan yang tidak menggunakan media Adobe Animate CC materi gerak benda dan energi kelas III. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Poncol 01 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IIIB dan IIIC. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIC sebagai kelas kontrol, uji coba instrumen dilakukan di kelas III SDN Landungsari 01 Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Independent Samples T Test dan One Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (4,064 > 2,010) atau signifikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan terhadap motivasi belajar menggunakan One Sample T Test menunjukkakn thitung > ttabel (7,111 > 1,708). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan thitung > ttabel (4,189 > 2,010) atau nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan One Sampe T Test menujukkan nilai thitung > ttabel (7,006 > 1,708). Disimpulkan bahwa media Adobe Animate CC efektif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi gerak benda dan energi pada siswa kelas III. Adanya peningakatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaana media pembelajaran Adobe Animate CC berbentuk aplikasi komputer, maka disarankan agar laptop dan LCD yang sudah tersedia harus dimanfaatkan dengan baik. Perkembangan teknologi yang semakin cepat tentunya menuntut semua pengguna komputer, khususnya guru untuk tidak berhenti belajar dan mengikuti perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Adobe Animate CC, dan Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:37
Last Modified: 02 Dec 2019 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33474

Actions (login required)

View Item View Item