PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N SALAMSARI


Genjek Susilowati , 1401415116 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N SALAMSARI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N SALAMSARI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N SALAMSARI) - Published Version
Download (643kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data wawancara dan observasi di kelas IV SD N Salamsari, ditemukan bahwa pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa belum optimal dan belum ada media aksara Jawa yang digunakan, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar bahasa Jawa memiliki rerata rendah. Sehingga perlu dikembangkan media flash card aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media flash card aksara Jawa. Jenis penelitian ini adalah Research and development yang diadopsi dari model pengembangan menurut Sugiyono. Hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Untuk uji skala kecil dipilih 10 siswa dan uji skala besar sejumlah 31 siswa di SD N Salamsari. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, respon tanggapan siswa dan guru, serta pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data awal menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data akhir menggunakan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media flash card aksara Jawa layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 96,7% dengan kategori sangat layak dan oleh ahli media mendapat persentase sebesar 93,8% dengan kriteria sangat layak. Tanggapan siswa mendapat persentase sebesar 99,4% dengan kriteria sangat antusias dan tanggapan guru sebesar 100% dengan kriteria sangat antusias. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain. Pada keterampilan membaca aksara Jawa mengalami peningkatan n-gain sebesar 0,483 dengan kategori sedang. Keterampilan menulis aksara Jawa mengalami peningkatan n-gain sebesar 0,487 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test(paired sanple test)keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa dengan bantuan SPSS,pada output diketahui sig (2-tailed)= 0,000<0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar bahasa Jawa sebelum dan sesudah menggunakan media flash card aksara Jawa. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa media flash card aksara Jawa layak dan efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diberikan yaitu media flash card aksara Jawa dapat dikembangkan pada materi bahasa Jawa lain, misalnya penganalan tokoh pewayangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jawa,Flash card aksara Jawa, Keterampilan membaca dan menulis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:39
Last Modified: 02 Dec 2019 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33472

Actions (login required)

View Item View Item