HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG
ARINA ULFA DWIPA HAPSARI , 1401415115 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS TUGU MUDA KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (784kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitian di SD Gugus Tugu Muda Kota Semarang ditemukan beberapa masalah yaitu kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, disiplin belajar siswa masih rendah, motivasi belajar siswa bervariasi, ada yang memiliki motivasi tinggi dan memiliki motivasi rendah, sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran masih kurang memadai sehingga guru belum menggunakan media menarik saat pembelajaran, serta hasil belajar PPKn siswa bervariasi, nilai siswa ada yang sudah memenuhi KKM dan belum memenuhi KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPKn, disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn, serta perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPKn, disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn, serta perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 124 siswa kelas IV SD Gugus Tugu Muda Kota Semarang yang terdiri dari 7 SD. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar PPPKn dengan koefisien korelasi rhitung = 0,722 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 52,1%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn dengan dengan koefisien korelasi rhitung = 0,734 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53,9%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn, dengan koefisien korelasi rhitung = 0,763 termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 58,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus Tugu Muda Kota Semarang. Saran penelitian ini, untuk seluruh orang tua agar lebih memberikan perhatian kepada anak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PPKn.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian orang tua, disiplin belajar, dan hasil belajar PPKn |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 13:39 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 13:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33471 |
Actions (login required)
View Item |