HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI


Prathidina Pertiwi , 1401415114 (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI]
Preview
PDF (HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Download (620kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar dan keaktifan siswa merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara, beberapa siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda dan keaktifan siswa yang rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Siswa Kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali; (2) Bagaimana hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali; (3) Bagaimana hubungan gaya belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Siswa Kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. (2) Menguji hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. (3) Menguji hubungan gaya belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 siswa kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan siswa dengan hasil belajar siswa Kelas V SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Saran bagi guru dan sekolah hendaknya dapat memperhatikan gaya belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; hasil belajar siswa; keaktifan siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:40
Last Modified: 02 Dec 2019 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33470

Actions (login required)

View Item View Item