KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS V SD DEBONG KIDUL KOTA TEGAL
Amir Hidayatullah, 1401415109 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS V SD DEBONG KIDUL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI RUPA KELAS V SD DEBONG KIDUL KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (885kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor yang membuat proses pembelajaran Seni Rupa tidak maksimal yaitu guru kurang inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran Seni Rupa. Hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran Seni Rupa, salah satunya menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu media audio visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsi keefektifan model Make A Match berbantu media audio visual dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran Seni Rupa materi Motif Batik Nusantara di kelas V SD Debong Kidul Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Debong Kidul Kota Tegal yang berjumlah 67 siswa terdiri dari 33 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data motivasi belajar menunjukkan thitung ≥ ttabel (4,583 ≥ 2,294) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung ≥ ttabel (3,732≥ 2,294) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data motivasi belajar menunjukkan thitung> ttabel (3,882 ≥ 2,037) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung> ttabel (5,269 ≥ 2,037) dengan signifikansi 0,000< 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Make A Match berbantu media audio visual efektif terhadap motivasi dan hasil belajar Seni Rupa materi Motif Batik Nusantara. Guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran model Make A Match berbantu media audio visual dalam pembelajaran Seni Rupa, karena sudah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Make A Match, Media Audio Visual, Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 13:41 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 13:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33469 |
Actions (login required)
View Item |