KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LAGU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG
Supriyanto , 1401415108 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LAGU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LAGU TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN GUGUS BUDI UTOMO KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (540kB) | Preview |
Abstract
Ditemukan data di lapangan masih banyak siswa kelas 1 yang belum dapat membaca. Dan dihadapkan dengan materi pembelajaran yang cukup banyak. Sehingga diperlukan sebuah solusi dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu penerapan model discovery learning berbantuan lagu terhadap muatan bahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan: (1) Menguji keefektifan model discovery learning berbantuan lagu terhadap minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDN di Gugus Budi Utomo Kota Semarang. (2) Menguji keefektifan model discovery learning berbantuan lagu terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDN di Gugus Budi Utomo Kota Semarang Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peneliti. Subjek penelitian ini adalah kelas 1, yang menggunakan 3 kelas penelitian, terbagi menjadi kelas uji coba di SD Negeri Kedungpane 1 Semarang, kelas eksperimen di SD Negeri Kedungpane 2 Semarang, kelas kontrol di SD Negeri Kedungpane 1 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T-test, dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai antara angket awal minat belajar dan angket akhir minat belajar kelas eksperimen. Dan terdapat perbedaan rata-rata nilai antara angket awal minat belajar dan angket akhir minat belajar kelas kontrol. Hasil peningkatan minat belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mengalami peningkatan minat belajar yang kecil diperkuat dengan perhitungan N-Gain terhadap minat belajar pada kelas eksperimen sebesar 22,80 termasuk dalam kategori rendah. Hasil belajar kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest kelas eksperimen dan postest kelas eksperimen. Hasil belajar kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest kelas kontrol dan postest kelas kontrol. Terdapat perbedaan selisih rata-rata yang cukup besar antara kelas eksperimen dan kontrol diperkuat dengan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 60,92 termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 49,57 termasuk dalam kategori kurang efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan Lagu, sehingga memperkuat penerimaan hipotesis kedua bahwa model Discovery Learning berbantuan Lagu efektif terhadap minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN di Gugus Budi Utomo Kota Semarang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning; minat; hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 12:55 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 12:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33468 |
Actions (login required)
View Item |