KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MATERI NADA KELAS IV SD GUGUS DRUPADI SEMARANG


Sartinah , 1401415107 (2019) KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MATERI NADA KELAS IV SD GUGUS DRUPADI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MATERI NADA KELAS IV SD GUGUS DRUPADI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE DRILL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MATERI NADA KELAS IV SD GUGUS DRUPADI SEMARANG) - Published Version
Download (863kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Seni Musik siswa kelas IV SD Gugus Drupadi Semarang yang belum optimal. Hal ini karena kurangnya motivasi belajar pada siswa, dan ketidaksesuaian metode pembelajaran yang digunakan sehingga perlu adanya ketepatan dalam menggunakan metode pembelajaran yang sesuai untuk mengajarkan seni musik khususnya materi nada. Penerapan metode drill dalam pembelajaran seni musik akan membuat siswa lebih mendalami materi nada dengan baik, mempermudah guru dalam mengajarkan materi selanjutnya serta membuat siswa termotivasi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan metode drill terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar seni musik materi nada siswa kelas IV SD Gugus Drupadi Semarang. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan populasi dari tuju sekolah dasar dengan jumlah populasi 181 siswa, sampel sebanyak 44 siswa kelas IV dari SD N Sadeng 02 dan SD Wijaya Kusuma 02 yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata selanjutnya analisis akhir menggunakan uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian dari analisis uji hipotesis pertama dengan menggunakan uji T-test Independent Sample Test. Motivasi belajar diperoleh nilai thitung (2,030462) > ttabel (2,021075) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis kedua menggunakan uji T-test Independent Sample Test. Hasil belajar diperoleh nilai thitung (3,87516) > ttabel (2,021075) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis ketiga menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai n-gain kelompok eksperimen menunjukkan motivasi belajar 0,641888 (kategori sedang) dan hasil belajar 0,598011 (kategori sedang), sedangkan kelompok kontrol menunjukkan motivasi belajar 0,292905 (kategori rendah) dan hasil belajar 0,19152 (kategori rendah). Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah metode drill efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar Seni Musik kelas IV SD Gugus Drupadi Semarang. Saran sebaiknya guru menerapkan metode yang sesuai salah satunya metode drill dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; metode drill; motivasi; seni musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 12:55
Last Modified: 02 Dec 2019 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33467

Actions (login required)

View Item View Item