IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 BREBES KABUPATEN BREBES


Bayu Setya Abrori , 1401415101 (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 BREBES KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 2 BREBES KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik yang meliputi: (1) penerimaan peserta didik baru di SDN 2 Brebes; (2) pengelompokan peserta didik di SDN 2 Brebes; (3) pembinaan disiplin peserta didik di SDN 2 Brebes; (4) evaluasi peserta didik di SDN 2 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan guru pembimbing khusus sebagai subyek pendukung. Setting penelitian di SDN 2 Brebes Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pembimbing khusus dan guru kelas. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi, dan member check. Serta teknik analisis datanya menggunakan kualitatif model interaktif Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam penerimaan peserta didik baru, SDN 2 Brebes membatasi peserta didik berkebutuhan khusus yang dapat diterima hanyalah tipe slow learner/lamban belajar saja karena disesuaikan dengan sumber daya sekolah yang terbatas; (2) peserta didik di SDN 2 Brebes dikelompokan dalam setting sekolah berdasarkan usia dan urutan abjad. Adapun dalam setting kelas, pengelompokan peserta didik disesuaikan dengan mata pelajaran dan kebutuhan yang ada; (3) pembinaan disiplin di SDN 2 Brebes di laksanakan secara klasikal seperti upacara bendera dan diluar kegiatan tersebut, wali kelas berperan aktif dalam pembinaan disiplin di kelasnya masing-masing; (4) evaluasi hasil belajar peserta didik di SDN 2 Brebes dilaksanakan dalam beberapa evaluasi seperti ulangan harian, penilian tengah semester dan penilaian akhir semester. Hasil dari evaluasi hasil belajar peserta didik akan dilaporkan dalam bentuk buku rapor yang diserahkan setiap akhir semester

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan, manajemen sekolah, manajemen peserta didik, sekolah inklusif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 12:58
Last Modified: 02 Dec 2019 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33465

Actions (login required)

View Item View Item