PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Muzoda Azizi , 1401415091 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS TEUKU UMAR KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa yang diperoleh dari pengalaman belajarnya. Hasil belajar yang dicapai sering dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan belajar siswa. Berdasarkan fakta empiris, terdapat keberagaman hasil belajar yang diperoleh siswa, khususnya pada pelajaran IPS. Keberagaman hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya perhatian orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Se-Gugus Teuku Umar Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis expost facto. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi penelitian ini berjumlah 181 siswa dengan sampel sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan data hasil penelitian pada setiap variabel. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (14,257 > 1,980). Sumbangan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 62,3%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (9,615 > 1,980). Sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 33,8%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (110,941 >3,071). Sumbangan pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS sebesar 64,5%. Dengan demikian, diharapkan orang tua dapat meningkatkan perhatiannya kepada anaknya, serta antara orang tua, guru, dan sekolah dapat bekerjasama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar tercapai hasil belajar IPS yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi belajar, perhatian orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 12:58
Last Modified: 02 Dec 2019 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33464

Actions (login required)

View Item View Item