PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR


Siti Fasiha Muntaharoh , 1401415084 (2019) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR]
Preview
PDF (PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR) - Published Version
Download (916kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar siswa, diantaranya pelajaran matematika. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar, salah satunya yaitu hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex Post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 265 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probabilitas sampling, dengan sampel sebanyak 160 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi untuk hasil belajar matematika dan angket tertutup dengan skala likert empat pilihan jawaban untuk interaksi teman sebaya serta kecerdasan emosional. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji F. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,215 > 1,975 dan korelasi keduanya sebesar 0,248. Besar sumbangan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika sebesar 6,1%; (2) ada pengaruh positif antara kecerdasan emosional ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 2,091 > 1,975 dan korelasi keduanya sebesar 0,164. Besar sumbangan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika sebesar 2,7%; (3) ada pengaruh positif antara interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (7,917 > 3,064) dan korelasi ganda sebesar 0,303. pengaruh interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,2%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah, guru maupun orang tua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional siswa, sehingga dapat mencapai hasil belajar matematika yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika; interaksi teman sebaya; kecerdasan emosional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:00
Last Modified: 02 Dec 2019 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33462

Actions (login required)

View Item View Item