PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 01 SEMARANG


Selfi Diah Pratiwi , 1401415082 (2019) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN CANGKIRAN 01 SEMARANG) - Published Version
Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN Cangkiran 01 yang diketahui bahwa dalam pembelajaran IPA pelaksanaanya belum optimal dan bahan ajar yang kurang variatif sebatas menggunakan buku guru dan buku siswa, belum ada bahan ajar pendukung lainnya sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet berbasis SETS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, mengkaji kelayakan, menguji keefektifan, dan mengkaji kepraktisan booklet berbasis SETS materi zat tunggal dan zat campuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2016). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cangkiran 01 sebanyak 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif, uji normalitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet berbasis SETS layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan selama pembelajaran. Dari hasil validasi oleh ahli diperoleh persentase sebesar 85,29% dari ahli media, 82,81% dari ahli materi, dan 87,50% dari ahli praktisi dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar siswa pada pretest dan posttest dihitung menggunakan uji N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test, pada output diperoleh bahwa t hitung > t tabel = 17,083 > 2,039 sig. 0,05, maka Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPA materi zat tunggal dan zat campuran sebelum dan sesudah menggunakan booklet berbasis SETS. Tanggapan siswa dan guru terhadap booklet mendapatkan respon sangat positif dibuktikan dengan persentase sebesar 83,32% (siswa) dan 92,50% (guru). Dapat disimpulkan bahwa booklet berbasis SETS yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas V materi zat tunggal dan zat campuran serta praktis digunakan dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu booklet berbasis SETS dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam pembelajaran sehari-hari teutama materi zat tunggal dan zat campuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet; Hasil Belajar IPA; SETS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:01
Last Modified: 02 Dec 2019 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33461

Actions (login required)

View Item View Item