MODEL PEMBELAJARAN RISET DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN INTEGRATIF DI SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA


Annisa Setiasari , 1102415059 (2019) MODEL PEMBELAJARAN RISET DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN INTEGRATIF DI SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN RISET DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN INTEGRATIF DI SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN RISET DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN INTEGRATIF DI SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA) - Published Version
Download (578kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan pada saat ini mengarah pada ekploitatif, dinilai kurang mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan peserta didik, sehingga lebih banyak menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang dehumanistik. metode pembelajaran riset diyakini mampu meningkatkan mutu pembelajaran karena bersifat kooperatif, problem-solving, authentic learning, contextual dan inquiry discovery approach secara konstruktivisme namun embelajaran riset sulit jika di terapkan pada pendidikan formal serta metode pembelajaran riset yang jarang di terapkan di siswa sekolah dasar. Pentingnya pendidikan integratif dalam menunjang semua kemampuan anak bukan hanya dalam segi intelektual. Sanggar anak alam (SALAM) adalah salah satu pendidikan alternatif yang ada di Yogyakarta. SALAM mencoba mewujudkan ide-ide pendidikan yang sesungguhnya dengan memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak pembentukan diri secara utuh dalam arti pengembangan segenap potensi dalam pemenuhan semua komitmen manusia sebagai individu, sebagai makhluk sosial dengan model pembelajaran riset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran riset di Sanggar Anak Alam Yogyakarta serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran riset terhadap pendidikan integratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif serta teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa implementasi model pembelajaran riset di Sanggar Anak Alam Yogyakarta yang terdiri dari perencanaan dan hasil. Pada perencanaan model pembelajaran riset terdiri dari 3 Tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil. Setelah pada tahap hasil diolah dengan menggunakan daur belajar yang terdiri dari 5 indikator: (1)mMengalami, (2) mengungkapkan, (3) mengelola, (4)Menyimpulkan, 5) Mengerapkan. Sedangkan hasil dari model pembelajaran riset yaitu: (1) siswa mengalami pengembangan dan peningkatan kapasitas dan kompetensi yang lebih tinggi termasuk kompetensi umum, contoh nya berpikir secara kritis dan analitik, mengevaluasi informasi serta pemecahann masalah karena terbiasa memecahkan masalah yang dihadapi karena proses mencari data saat riset serta SALAM yang berbasis sekolah merdeka, (2) kompetensi dalam hal melaksanakan dan mengevaluasi penelitian yang sangat bermanfaat dan membantu dalam inovasi dan keunggulan riset selanjutnya, (3) Peserta didik mempunyai motivasi belajar yang tinggi jika mereka belajar sesuai dengan apa yang mereka inginkan bukan paksaann dari orang lain, (4) Siswa lebih vii memahami tentang betapa pentingnya nilai-nilai disiplin dengan kesepakatan yang telah dibuat. Hasil dari model pembelajaran riset dapat menunjang dalam keterlaksanaan pendidikan integratif di Sanggar Anak Alam Yogyakarta karena berbagai faktor yaitu: (1) SALAM mampu mengintegrasikan peserta didik luar biasa dengan anak normal, (2) SALAM mampu merancang pendidikan yang mampu mengintegrasikan pendidikan luar biasa dengan pendidikan pada umunya. (3) SALAM mampu mengintegrasi dan mengoptimalkan perkembangan kognisi, emosi, jasmani dan intuisi, (4) SALAM juga mampu menjadikan anak sebagai makluk individual serta sebgai makhluk sosial. (5) Pesrta didik di SALAM mampu mengintegrasikan apa yang di pelajari di PKBM dengan mereka di masa depan, (6) peserta didik mampu mengintegrasikan antara pamdangan hidup (pancasila), agama, ilmu dan seni serta mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki. Saran kepada pihak SALAM disarankan untuk dapat meningkatkan struktur administrasi riset agar dapat menjadi panduan yang jelas dan runtut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Riset, Alternatif, Integratif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 19:09
Last Modified: 29 Nov 2019 19:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item