STUDI FENOMENOLOGI STAKEHOLDER SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2018/2019 (Respon dan Dampak Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di SMA N 1 Purwokerto)


Listia , 1102415041 (2019) STUDI FENOMENOLOGI STAKEHOLDER SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2018/2019 (Respon dan Dampak Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di SMA N 1 Purwokerto). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI FENOMENOLOGI STAKEHOLDER SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2018/2019 (Respon dan Dampak Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di SMA N 1 Purwokerto)]
Preview
PDF (STUDI FENOMENOLOGI STAKEHOLDER SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2018/2019 (Respon dan Dampak Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi di SMA N 1 Purwokerto)) - Published Version
Download (972kB) | Preview

Abstract

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) satuan Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun ajaran 2018/2019 di Kabupaten Banyumas berbeda dengan sistem sebelumnya yakni berdasarkan sistem zonasi. Sistem ini diatur dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dan Pergub Jawa Tengah Nomor 64 Tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi respon stakeholder sekolah terhadap kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019 di SMA N 1 Purwokerto dan mendapatkan deskripsi makna bagi stakeholder sekolah terhadap dampak penerapan kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019 di SMA N 1 Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Purwokerto. Subjek penelitian yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, peserta didik kelas X dan orang tua peserta didik kelas X. Teknik analisis data menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Respon guru dan siswa yang berasal dari luar zona tidak setuju dengan adanya kebijakan ini dikarenakan (1) kesiapan dari pemerintah dalam melaksanakan kebijakan sistem zonasi ini yang kurang maksimal, kurangnya sosilisasi dari pemerintah sehingga masyarakat mengalami kebingungan dalam pelaksanaan, (2) sistem zonasi menimbulkan kekecewaan bagi siswa dan orangtua yang tidak bisa menuntut ilmu di sekolah pilihannya, (3) sistem zonasi memberikan suatu batasan bagi siswa yang ingin bersekolah di sekolah pilihannya, (4) adanya rasa ketidakpuasaan dalam diri siswa dan orangtua yang diterima di sekolah yang tidak diinginkannya (5) adanya permasalahan dari penggunaan SKTM. Sedangkan respon wakil kepala sekolah, siswa dan orangtua yang berasal dari zona 1 setuju dengan adanya kebijakan sistem zonasi karena terjadi pemerataan pendidikan dan memenuhi hak semua siswa untuk memperoleh pendidikan yang layak di tempat tinggalnya. 2) Makna stakeholder sekolah terhadap kebijakan sistem zonasi yakni sistem zonasi memberikan persamaan hak dalam mengenyam pendidikan, sistem zonasi merugikan sekolah dan sistem zonasi menguntungkan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Respon , Stakeholder, dan Zonasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 19:02
Last Modified: 29 Nov 2019 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33457

Actions (login required)

View Item View Item