IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG


Herlina Retnowulandari , 1102415026 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang belum maksimalnya nilai mata pelajaran IPA yang diperoleh siswa serta belum adanya model pembelajaran yang menarik dan inovatif dalam pembelajaran IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Semarang. Upaya dalam meningkatkan proses pembelajaran di sekolah, seorang guru dituntut mampu mendesain dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan materi siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan penguasaan materi yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), (2) mengetahui adanya peningkatan penguasaan materi setelah diimplementasikannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive dan diperoleh kelas VII C. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dokumentasi, serta teknik analisis data dengan melakukan uji-t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) termasuk dalam kategori berhasil. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai observasi pada guru selama implementasi model TGT dengan nilai rata-rata 84.17 %, sedangkan hasil pengamatan pada aktivitas belajar siswa mendapat rata-rata sebesar 81,04%. Serta didukung dengan hasil tanggapan angket siswa yaitu sebesar 75% memberikan tanggapan sangat baik dan 25% memberikan tanggapan baik. Peningkatan penguasaan materi setelah diimplementasikannya model Teams Games Tournament (TGT) dibuktikan dengan hasil uji-t menggunakan Paired Sampel T-Test dengan hasil nilai thitung 9,838 > ttabel 2,039 atau dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yang berarti Ha diterima. Sedangkan peningkatan penguasaan materi dibuktikan dengan uji N-Gain perhitungan selilih post-test dan pre-test dengan hasil N-gain 0,454 berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 sehingga termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dan peningkatan penguasaan materi setelah diimplementasiannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Penguasan materi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 18:35
Last Modified: 29 Nov 2019 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33455

Actions (login required)

View Item View Item