ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI SCHOOLOGY TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG


Isma’ilia Khoirun Nasta’in , 1102415009 (2019) ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI SCHOOLOGY TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI SCHOOLOGY TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI SCHOOLOGY TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter dicanangkan sebagai wadah untuk menempatkan kembali karakter luhur bangsa Indonesia dalam lingkup pendidikan, berdampingan dengan intelektualitas, serta berperan dalam pembentukan generasi muda yang mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Schoology terhadap karakter siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 8 Semarang meliputi karakter mandiri, disiplin, dan tanggung jawab. Lokasi penelitian adalah di SMK Negeri 8 Semarang. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif untuk mendapatkan hasil yang jelas dalam rangka pemanfaatan aplikasi schoology dalam pembelajaran terhadap karakter siswa kelas XI Multimedia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru produktif kelas XI Multimedia yang memanfaatkan schoology dalam pembelajaran, dan siswa kelas XI Multimedia. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pemanfaatan aplikasi schoology berdampak baik dan positif terhadap karakter siswa kelas XI Multimedia, bahkan menjadi sarana penguatan pendidikan karakter dengan cara yang menyenangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemanfaatan aplikasi Schoology dalam proses pembelajaran di kelas XI Multimedia sudah sesuai dengan pedoman PPK dan dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013. Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan teknik kombinasi yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran e-learning menggunakan aplikasi schoology. 2) Siswa terlatih untuk mandiri karena menguasi materi ataupun keahlian secara mandiri di kelas maupun di rumah dengan segala fitur-fitur yang sudah tersedia lengkap dalam schoology. 3) Penguatan karakter disiplin juga sangat mendukung dengan digunakannya aplikasi schoology dalam pembelajaran. Fitur-fitur yang terdapat dalam schoology secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh besar terhadap kedisiplinan siswa. 4) Siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dalam schoology karena dengan peraturan yang tegas dan sistem yang mendukung sehingga memungkinkan siswa harus bertanggung jawab dengan segala apapun yang dikerjakan. Kemudian juga didukung oleh konsistensi dari guru untuk terus melaksanakan peraturan yang ada sehingga siswa mulai terbiasa. Saran peneliti yaitu guru dapat menggunakan pembelajaran kombinasi dengan memanfaatkan aplikasi Schoology dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter disekolah dengan metode yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfatan Aplikasi, Schoology, karakter siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 17:48
Last Modified: 29 Nov 2019 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33452

Actions (login required)

View Item View Item