PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK PERENCANAAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS KONTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 REMBANG


Yahya Syahrizal , 1102415001 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK PERENCANAAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS KONTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK PERENCANAAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS KONTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 REMBANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK PERENCANAAN BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS KONTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 1 REMBANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMK N 1 Rembang yaitu perihal prestasi belajar praktek perencanaan bangunan program yang rendah, cenderung dibawah nilai KKM. Disamping itu juga menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif terkait dengan prestasi belajar praktek perencanaan bangunan dan kemandirian belajar berikut keterkaitan antara keduanya. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian survey dengan rancangan korelasional dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Bisnis Kontruksi dan Properti SMK Negeri 1 Rembang. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik pengukuran prestasi belajar praktek perencanaan banguunan menggunakan soal UTS dan skala kemandirian belajar. Soal UTS prestasi belajar praktek perencanaan bangunan memiliki indeks validitas 0,4293 – 0,6745 dengan reliabilitas 0,5734. Sedangkan skala kemandirian belajar, memiliki indeks validitas 0,366 – 0,715 dengan reliabilitas 0,749. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar praktek perencanaan bangunan dalam kategori belum tuntas dan kemandirian belajar berada pada kategori sedang. Model hubungan antara prestasi belajar praktek perencanaan bangunan dan kemandirian belajar dinyatakan dengan persamaan regresi yaitu Y = 17,616 + 0,436X dengan nilai p 0,001 dan nilai kontribusi sebesar 0,403. Hal ini berarti bahwa sekitar 40,3% prestasi belajar praktek perencanaan bangunan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Bisnis Kontruksi dan Properti pada SMK Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2018/2019 secara langsung dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat melakukan upaya peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Guru dapat melakukan upaya peningkatan melalui perintah dengan memberikan tugas-tugas kepada siswa. pada awalnya, siswa tentu akan merasa terpaksa, namun kemudian dapat menjadi kebiasaan sehingga siswa terbiasa untuk berpacu memperoleh prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, prestasi belajar praktek perencanaan bangunan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 17:41
Last Modified: 29 Nov 2019 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item View Item