Pola Pembelajaran Taman Penitipan Anak di Taman Balita Klub Merby (Studi Kasus Taman Balita Klub Merby Jl. Pandanaran II/ 2D Semarang)


Nuri Handayani,, 1201401018 (2005) Pola Pembelajaran Taman Penitipan Anak di Taman Balita Klub Merby (Studi Kasus Taman Balita Klub Merby Jl. Pandanaran II/ 2D Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pola Pembelajaran Taman Penitipan Anak di Taman Balita Klub Merby (Studi Kasus Taman Balita Klub Merby Jl. Pandanaran II/ 2D Semarang)]
Preview
PDF (Pola Pembelajaran Taman Penitipan Anak di Taman Balita Klub Merby (Studi Kasus Taman Balita Klub Merby Jl. Pandanaran II/ 2D Semarang)) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: 1) Pola pembelajaran taman penitipan anak di Taman Balita Klub Merby yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat/ media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari pola pembelajaran taman penitipan anak di Taman Balita Klub Merby. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pembelajaran taman penitipan anak di Taman Balita Klub Merby yang meliputi aspek-aspek: tujuan, bahan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat/ media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Selain itu ingin mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari pola pembelajaran taman penitipan anak di Taman Balita Klub Merby. Penelitian ini dilakukan di Taman Balita Klub Merby dengan mengambil informan sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri dari Koordinator Pelaksana, Pendidik, Pengasuh, dan Orang tua anak balita. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan antara lain: penelitian pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan peneliti, yaitu dengan dilakukan pemeriksaan keabsahan data yang menggunakan teknik triangulasi akhirnya peneliti memperoleh gambaran bahwa pola pembelajaran taman penitipan anak di Taman Balita Klub Merby memiliki aspek-aspek tujuan, bahan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat/ media belajar, sumber belajar, dan evaluasi. Suatu pola pembelajaran tidak dapat dipaksakan kepada anak balita karena mereka memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Rasa keingintahuan anak balita cukup besar sehingga para pendidik dan orang tua harus memberikan bimbingan kepada mereka. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak yang terkait dalam Taman Balita Klub Merby seperti koordinator pelaksana, pendidik, pengasuh, dan orang tua anak balita untuk selalu menjalin kerja sama. Selain itu pihak-pihak yang terkait sebaiknya selalu mempertahankan faktor-faktor pendukung yang ada dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berkaitan dengan faktor penghambat, penulis menyarankan untuk diminimalkan yaitu dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana seperti pengadaan APE dan alat peraga serta meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Taman Balita Klub Merby.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:42
Last Modified: 15 Aug 2011 05:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item