STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INTENS BATAM
Mira Kusumaji Putri , 1102414111 (2019) STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INTENS BATAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INTENS BATAM)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berbagai lembaga bimbingan belajar banyak bermunculan sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat di bidang bisnis jasa pendidikan. Inovasi teknologi dan persaingan bisnis yang ketat pada abad ini memaksa perusahaan-perusahaan seperti bimbingan belajar untuk mengubah cara mereka menjalankan bisnisnya. Maka diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk mendorong ketertarikan siswa mengikuti bimbingan belajar dan menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran dan bentuk-bentuk strategi pemasaran di Lembaga Bimbingan Belajar INTENS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian fenomenologi (phenomenology). Informan dalam penelitian ini yakni Direktur, Kepala Akademik, Tentor, Orangtua siswa dan Siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan lembaga bimbingan belajar INTENS berfokus pada produk dan kegiatan promosi. Kemudian bentuk-bentuk strategi pemasaran INTENS yaitu dengan inovasi program pendidikan dan pelatihan berbasis teknologi, diantaranya yaitu pembelajaran berbasis Information And Communication Technology (ICT) dan evaluasi berbasis Computer Based Test (CBT). Saran peneliti untuk INTENS Batam yaitu pemasaran Lembaga Bimbingan Belajar INTENS Batam hendaknya dikelola oleh sumber daya manusia yang memang khusus mengelola bagian pemasaran. Sehingga pemasaran dapat terkelola dengan baik dan terfokus. Kemudian, inovasi berbasis teknologi diharapkan dapat mengupayakan pembelajaran online, dimana pembelajaran tersebut dapat menjangkau jarak yang jauh, sehingga siswa INTENS dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Kemudian dalam evaluasi menggunakan CBT, meskipun soal ujian CBT dapat digunakan berulang-ulang tetapi tentor diharapkan tetap harus secara berkala membuat soal yang berbeda dari soal yang telah diujikan sebelumnya. Hal tersebut harus diupayakan agar menghindari kebocoran soal yang akan diujikan. Selain itu diharapkan dengan adanya inovasi berbasis teknologi tersebut, INTENS dapat bersaing dengan lembaga lain dengan mempunyai keunggulan pada bidang teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. Lembaga perlu mengoptimalkan kegiatan promosi ke sekolah-sekolah dengan melakukan sosialisasi pengenalan program dan metode-metode pembelajaran berbasis teknologi di INTENS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar, inovasi, pemasaran, strategi, teknologi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 16:55 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 16:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33446 |
Actions (login required)
View Item |