PERBANDINGAN KURIKULUM INTI PENDIDIKAN DASAR THAILAND 2008 DAN KURIKULUM 2013 INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Ama Diasega Wemara Ama Diasega Wemara , 1102414110 (2019) PERBANDINGAN KURIKULUM INTI PENDIDIKAN DASAR THAILAND 2008 DAN KURIKULUM 2013 INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERBANDINGAN KURIKULUM INTI PENDIDIKAN DASAR THAILAND 2008 DAN KURIKULUM 2013 INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Setiap negara memiliki tujuan pendidikan masing-masing hal ini di tunjukkan dengan adanya standar pendidikan yang harus dicapai oleh setiap institusi pendidikan di negara manapun khususnya di Indonesia dan Thailand yang keduanya merupakan negara anggota ASEAN. Kurikulum merupakan acuan penting yang harus dilaksanakan selama proses pembelajaran. Kurikulum dilaksanakan sekolah sebagai wujud dari pencapaian tujuan pendidikan. Kurikulum dilaksanakan berdasarkan kondisi sekolah, kondisi peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, dan kondisi lingkungan. Perubahan kurikulum menandakan bahwa pembelajaran bukan semata-mata tanggungjawab guru, tetapi merupakan tanggungjawab bersama antara guru, kepala sekolah, dan seluruh dewan pendidikan. Perubahan kurikulum dilaksanakan secara bertahap untuk menyesuaikan setiap lembaga sekolah yang sedang berkembang. Seluruh komponen pendidikan harus memenuhi tuntutan dalam hal perubahan kurikulum. Jadi, pada hakikatnya setiap kurikulum yang dikeluarkan oleh Pemerintah hanya dapat direalisasikan berkat usaha kepala sekolah, guru, dan seluruh pihak sekolah. Perubahan kurikulum sebagai perangkat pendidikan atau evaluasi kurikulum sepertinya harus di lakukan oleh setiap negara di ASEAN sebagai langkah awal untuk pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dengan mengimplementasikan kurikulum dan standar pendidikan yang sesuai dengan tujuan agar nantinya mampu bersaing dengan negara lain dalam pasar bebas tenaga kerja. Demi mendapatkan hasil penelitian yang hasilnya sesuai dengan kondisi saat ini penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data yang peneliti analisis bersifat komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap negara menerapkan kurikulum dari pemerintah dengan baik sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam perbandingan terdapat perbedaan maupun persamaan pelaksanaan pendidikan dan standar pendidikan yang digunakan sebagai tujuan pendidikan disetiap negara tersebut. Setiap lembaga pendidikan harus mematuhi peraturan atau regulasi dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan undang-undang yang berlaku karena kesesuaian penyelenggaraan pendidikan menjadi faktor keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi tersendiri terhadap khazanah ilmu pengetahuan tentang perbandingan kurikulum dan standar pendidikan di sebuah negara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Thailand, Kurikulum Indonesia, Kurikulum |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 16:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 16:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33445 |
Actions (login required)
View Item |