PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LISTENINGLAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI LISTENING NARRATIVE TEXT DI SMA NEGERI 1 BATANG


Riza Faishol , 1102414095 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LISTENINGLAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI LISTENING NARRATIVE TEXT DI SMA NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LISTENINGLAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI LISTENING NARRATIVE TEXT DI SMA NEGERI 1 BATANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING LISTENINGLAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI LISTENING NARRATIVE TEXT DI SMA NEGERI 1 BATANG) - Published Version
Download (783kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMA Negeri 1 Batang, terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa maupun guru terutama pada pembelajaran listening Bahasa Inggris. Kurangnya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran serta keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran mempengaruhi metode pembelajaran yang digunakan guru, yang pada akhirnya berdampak pada minat dan hasil belajar siswa yang tidak maksimal menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang bersifat interaktif, praktis dan mandiri yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satu alternatif yang dipilih adalah mobile learning berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan aplikasi mobile learning ListeningLab berbasis Android pada materi listening narrative text Bahasa Inggris kelas X SMA Negeri 1 Batang dan bagaimana keefektifannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengembangan aplikasi mobile learning ListeningLab berbasis Android diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dan permasalahan dalam proses pembelajaran, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan siswa untuk menentukan desain produk, mengembangkan produk berdasarkan desain yang sudah dibuat serta dilakukan validasi serta revisi. Implementasi dilakukan pada pembelajaran listening narrative text Bahasa Inggris di kelas XE SMA Negeri 1 Batang. Terakhir dilakukan evaluasi untuk menguji tingkat keefektifan. Hasil uji keefektifan menggunakan uji t satu pihak dengan derajat kepercayaan 0,05 diperoleh Ttabel = 2,034 dan Thitung = 8,051. Sehingga Ttabel < Thitung, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dari hasil uji n-gain diperoleh gain score sebesar 0,322 atau 32,2%. Sehingga gain score berada dalam kategori sedang, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah aplikasi mobile learning ListeningLab berbasis Android efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran listening narrative text Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Batang. Guru disarankan mengimplementasikan aplikasi mobile learning berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Listening Narrative Text, Aplikasi, Mobile Learning berbasis Android, Pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 16:28
Last Modified: 29 Nov 2019 16:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33444

Actions (login required)

View Item View Item