PENGARUH APLIKASI ANDROID LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG


Haifah Tri Rahayu , 1102414072 (2019) PENGARUH APLIKASI ANDROID LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH APLIKASI ANDROID LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH APLIKASI ANDROID LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 10 SEMARANG) - Published Version
Download (978kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memilki fungsi yang sangat strategis dalam pembelajaran. Seringkali terjadi banyaknya siswa yang tidak atau kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan guru atau pembentukan kompetensi yang diberikan siswa dikarenakan ketiadaan atau kurang optimalnya pemberdayaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Beberapa kendala yang dihadapi ketika praktikum dilaboratorium nyata yaitu sarana dan prasarana laboratorium masih terbatas dan keahlian siswa dalam praktikum berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan meneliti tentang pengaruh aplikasi android laboratorium virtual dalam pelajaran Biologi di SMA N 10 Semarang terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan pola prestestpostest contro group design. Populasi dai penelitian ini adalah seluruh siswa X MIPA SMA N 10 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diteliti adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa untuk kelas ekperimen dan 15 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan pretest dan posttest. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan linearita. Hipotesis penelitian dilakukan dengan uji independent sample t-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan. Hasil uji independent sample t test pada bagian Equal variance assumed adalah sebesar 0,035 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini serupa dengan hasil uji independent sample t test jika dilihat dari nilai t adalah sebesar 2.221 > 2.042 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kesimpulan ada pengaruh terhadap pemanfaatan Aplikasi Android Laboratorium Virtual terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Semarang..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Laboratorium Virtual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 16:24
Last Modified: 29 Nov 2019 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33443

Actions (login required)

View Item View Item