PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN POWER POINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SEMARANG


Deasy Amalina Aziziyah , 1102414052 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN POWER POINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN POWER POINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SEMARANG]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN POWER POINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMK Negeri 4 Semarang untuk mata pelajaran umum (normada) seperti mata pelajaran fisika memiliki jam pelajaran lebih sedikit dibandingkan dengan pelajaran kejuruan (produktif). Sehingga guru harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar semua materi dapat tersampaikan oleh siswa. Salah satu solusi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan penggunaan power point. Namun, penggunaan power point sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kendala yaitu keterbatasan fasilitas, kemampuan, dan siswa tidak dapat memanfaatkan power point secara optimal. Salah satu alternatif lainnya yaitu penggunaan media pembelajaran berbasis android atau mobile learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran fisika; (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan power point interaktif pada pembelajaran fisika; dan (3) perbedaan hasil belajar antara menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan power point interaktif pada pembelajaran fisika kelas X di SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran fisika mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan belajar 75%. Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,980 > 2,063); (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan power point interaktif pada pembelajaran fisika mengalami peningkatan namun belum mencapai ketuntasan belajar 75%. Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa thitung < ttabel (-1,682 < 2,063); (3) terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan power point interaktif pada pembelajaran fisika kelas X di SMK Negeri 4 Semarang. Hasil uji perbedaan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,370 > 2,010). Maka dari itu, pihak guru hendaknya mulai memanfaatkan media pembelajaran berbasis android untuk membantu proses pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Android, Power Point Interaktif, Hasil Belajar Siswa, Fisika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 16:17
Last Modified: 29 Nov 2019 16:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33442

Actions (login required)

View Item View Item