LITERASI MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 MAYONG


Irsyad Maulana Yahya , 1102414047 (2019) LITERASI MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 MAYONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 MAYONG]
Preview
PDF (LITERASI MEDIA DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 MAYONG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi media digital merupakan suatu kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber digital. Permasalahan yang ada pada siswa SMA Negeri 1 Mayong kurang menyambut baik sistem dan teknologi digital dengan kemampuan dan ketrampilan yang memadai. Kurangnya penggunaan mesin pencarian internet dalam mengakses informasi, pemahaman yang kurang mengenai konten suatu website, kurangnya kemampuan membuktikan kebenaran berita yang beredar di internet, serta kurangnya menyusun pengetahuan baru dengan informasi yang didapatkan melalui internet. Lebih spesifik permasalahan atau fenomena yang terjadi adalah kesulitan mendapatkan sumber-sumber informasi, serta rendahnya keinginan membuat pengetahuan baru dari berbagai informasi yang didapatkan dari internet. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat kompetensi literasi media digital pada siswa SMA Negeri 1 Mayong. Rumusan masalah dalam penelitian ini diambil menggunakan pendekatan teori dari Gilster tentang kompetensi literasi media digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mayong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling sejumlah 62 siswa Kelas X IPS 4 dan IPS 5. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala likert. Teknik analisis data dengan teknik statistic deskriptif menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian menyatakan hasil tingkat kompetensi literasi media digital pada 62 siswa SMA Negeri 1 Mayong mendapatkan skor rata-rata 3,24 yang masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan sub variabel Internet Searching mendapatkan skor rata-rata 3,21. Hypertextual Navigation mendapatkan skor rata-rata 3,20. Content Evaluation mendapatkan skor rata-rata 3,26. Knowledge Assembly mendapatkan skor rata-rata 3,28. Kesimpulannya adalah bahwa tingkat kompetensi literasi media digital pada 62 siswa SMA Negeri 1 Mayong tinggi. Adapun saran yang diberikan adalah terus memberikan pengetahuan atau bimbingan mengenai literasi media digital terhadap internet agar tetap efektif dalam menggunakan media digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media Digital, Kompetensi Literasi Media Digital
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 16:08
Last Modified: 29 Nov 2019 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33441

Actions (login required)

View Item View Item