MANAJEMEN KURIKULUM DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG


Muhammad Iqbal Munif , 1102414042 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN KURIKULUM DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN KURIKULUM DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG) - Published Version
Download (918kB) | Preview

Abstract

Kuttab Al-Fatih merupakan salah satu institusi lembaga pendidikan untuk anak-anak usia 5-12 tahun yang terinspirasi dari peradaban islam yang gemilang. Kuttab Al-Fatih hadir di masyarakat untuk menjawab semua keraguan orang tua siswa akan kualitas pendidikan di Indonesia. Kuttab Al-Fatih pilar peradaban yang ingin mengembalikan kejayaan Islam serta kegemilangan ilmu. Kuttab Al-Fatih merupakan pendidikan Al-Qu’an yang efektif untuk anak-anak, dimana dengan metode yang sesuai dengan jiwa anak-anak dapat menjadikan pembelajaran di Kuttab Al-Fatih menjadi menyenangkan. Sisi inilah yang menjadikan Kuttab Al-Fatih menjadi model pembelajaran di dunia Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi serta kendala yang dihadapi dan solusinya dalam pelaksanaan kurikulum di Kuttab Al-Fatih Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu Kepala Kuttab, Koordinator Kurikulum, dan Guru. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perencanaan dilakukan pada awal tahun dengan mengadakan rapat kerja, kurikulum yang digunakan hanya dua yakni iman dan al-qur’an. Pengorganisasian dilakukan oleh kepala kuttab dengan membagi tugas kepada seluruh guru sesuai dengan kompetensi masing-masing. Pelaksanaan kurikulum menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, media, dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi kurikulum dilaksankan ketika rapat kerja, sebelum rapat kerja mulai terlebih dahulu melakukan evaluasi tahun sebelumnya, mulai dari input, proses, dan produk. Dalam proses manajemen kurikulum dijumpai juga beberapa kendala yang dihadapi mencakup kompetensi guru yang masih rendah, serta kondisi dari peserta didik. Adapun solusi dalam mengatasi kendala ini yaitu memberikan pelatihan bagi guru sebagai upaya peningkatan kualitas guru, serta memberikan lembar kerja berupa BBO (Belajar Bersama Orang tua) sebagai upaya mendidik akhlak anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Kuttab Al-Fatih
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 15:38
Last Modified: 29 Nov 2019 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33440

Actions (login required)

View Item View Item