Pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah.


Suci Rohaniyah,, 1201401017 (2005) Pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah.]
Preview
PDF (Pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah.) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pola pemberdayaan pemuda tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan bagaimanakah pola pemberdayaan pemuda dengan pelatihan budidaya ayam Arab di BPPLSP Regional III Jawa Tengah, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pola pemberdayaan pemuda tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data digunakan juga sumber-sumber non manusia berupa laporan pelaksanaan kegiatan pelatihan budidaya ayam Arab dan dokumen lainnya. Pengamatan diskriptif dilakukan untuk melihat kondisi umum Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Regional III Jawa Tengah, setelah itu dilakukan pengamatan yang terfokus pada objek yang akan diteliti. Proses selanjutnya dilakukan secara selektif untuk melihat sejauh mana sarana dan prasarana serta aspek pendampingan yang dapat mendukung proses pembinaan. Bersamaan dengan proses pengamatan tersebut dilakukan pula wawancara deskriptif dengan Kepala Seksi Program BPPLSP Ungaran untuk memperoleh gambaran secara umum tentang sejarah singkat, struktur organisasi, jumlah peserta/warga belajar, jumlah tutor dan fasilitator, serta gambaran situasi umum desa binaan Sekunir Gunung Pati dan Beji Para’an Ungaran. Selanjutnya untuk meyakinkan kebenaran dari informasi yang diperoleh dilakukan pengamatan dan wawancara dengan pihak yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data yang digunakan pertama kali dalam proses wawancara terencana yang terfokus adalah pertanyaan dijukan secara tidak berstruktur tertentu akan tetapi selalu berpusat kepada satu pokok permasalahan yang akan diteliti dan kedua, menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu pola pemberdayaan pemuda dalam pembinaan kecakapan hidup/life skills di BPPLSP ungaran dibagi menjadi empat tahapan, meliputi : a) Penetapan tujuan pemberdayaan, b) Proses pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, c) Hasil pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, d) Evaluasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan. Faktor pendukung pelaksanaan pola pemberdayaan meliputi : lingkungan sosial masyarakat, sumber-sumber belajar yang meliputi sumber material maupun non material, serta nara sumber teknis/tutor yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pola pemberdayaan meliputi : ii belum adanya nara sumber teknis dari pihak BPPLSP yang berkompeten dibidang peternakan dan budidaya ayam Arab sehingga masih bekerjasama dengan instansi lain, aspek pendampingan dalam kelompok binaan yang tidak berlanjut secara kontinyu, serta sikap dan mental dari sebagian warga belajar yang tidak mau bekerja keras dan hanya menginginkan hasil yang cepat. Dalam rangka peningkatan kegiatan pemberdayaan pemuda disarankan : diadakannya aspek pendampingan teknis secara rutin kepada anggota kelompok binaan agar desa binaan dapat berkembang secara maksimal, peningkatan jalinan hubungan mitra kerja dengan berbagai lembaga terkait untuk memperluas daerah pemasaran serta peningkatan kegiatan-kegiatan pemberdayaan pemuda dalam pembinaan kecakapan hidup/life skills lainnya untuk mengaktualisasikan potensi yang sudah dimiliki oleh masyarakat agar dapat hidup mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:40
Last Modified: 15 Aug 2011 05:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item