Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Multikultural sebagai Media Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Berbasis Pendidikan Perdamaian di SMK Hidayah Banyumanik Semarang


Dwi Ayu Kusuma , 1102414036 (2019) Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Multikultural sebagai Media Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Berbasis Pendidikan Perdamaian di SMK Hidayah Banyumanik Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Multikultural sebagai Media Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Berbasis Pendidikan Perdamaian di SMK Hidayah Banyumanik Semarang]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Multikultural sebagai Media Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Berbasis Pendidikan Perdamaian di SMK Hidayah Banyumanik Semarang) - Published Version
Download (672kB) | Preview

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diluncurkan sejak Agustus 2015 nampaknya masih kurang optimal. Faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya media literasi seperti buku, kurangnya minat baca, dan kurangnya inovasi pihak terkait dalam mengatasi kendala tersebut. Salah satu materi GLS yang penting diberikan kepada siswa di masa sekarang adalah pemahaman perdamaian dan multikulturalisme untuk meminimalisir kasus perkelahian, perundungan (bullying), dan berbagai konflik yang berakar dari perbedaan pendapat, ras, suku, agama, fisik seseorang, dan lain-lain. Salah satu alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengintegrasikan inovasi GLS dengan menanamkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi. Integrasi yang dimaksud adalah dengan menggunakan film pendek multikulturalisme terutama toleransi. Oleh karena itu, alternatif solusi tersebut perlu di uji tingkat efektivitasnya. Penelitian ini meneliti mengenai efektifitas penggunaan film pendek multikultural dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berbasis pendidikan perdamaian di SMK Hidayah Banyumanik Hasil penelitian nantinya akan dipertimbangkan sebagai alternatif solusi untuk pengoptimalan GLS sekligus penanaman nilai perdamaian pada siswa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian true experiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-test Control Group. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran dengan skala sikap Likert sebagai instrumen penelitian. Skala pengukuran terdiri dari 12 indikator sikap perdamaian yang dijabarkan menjadi 40 butir skala sikap perdamaian yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Skala diberikan sebagai instrumen pre-test dan post-test pada dua kelompok penelitian, eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan film sebagai media literasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan buku. Sebelum data dianalisis, data telah diuji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan homogenitas data. Teknik analisis data menggunakan uji beda dua rerata (uji-t independen), dengan membandingkan rerata pre-test dan post-test kelompok eksperimen. Rerata skor pre-test kelas eksperimen sebesar 129,75 dan rerata post-test 140,78. Terjadi kenaikan sebesar 11,03 poin. Hasil uji t menunjukkan thitung 8,339 > ttabel 2,0139 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00 (p < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan film pendek multikultural sebagai media GLS menunjukkan pengaruh positif pada sikap dan literasi perdamaian siswa kelas eksperimen. Selanjutnya, kesimpulan penelitian yang dapat ditarik adalah penggunaan film pendek multikultural sebagai media Gerakan Literasi Sekolah (GLS) lebih efektif apabila dibandingkan dengan menggunakan buku sebagai media literasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: film pendek, gerakan literasi sekolah (GLS), multikultural, , pendidikan perdamaian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:36
Last Modified: 29 Nov 2019 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33438

Actions (login required)

View Item View Item