PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Mitha Afrilia , 1401415067 (2019) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI GUGUS DWIJA KRIDA KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (985kB) | Preview

Abstract

Data Education For All (Efa) Global Monitoring Report 2010-2015: Achievements and Challenges mengungkapkan rendahnya mutu pendidikan Indonesia ditunjukkan besarnya indeks pembangunan berdasarkan data tahun 2012 yaitu 0,937. Nilai tersebut menempatkan Indonesia di posisi ke 68 dari 113 negara di dunia. Diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa SD di Jawa Tengah tergolong rendah. Kondisi ini tampak pada perbandingan rata-rata nilai hasil tes kendali mutu pelajaran IPS SD dengan mata pelajaran lain. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Gugus Dwija Krida. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS; (2) Adakah pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS; (3) Adakah pengaruh fasilitas belajar dan minat baca siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS; (2) Mengetahui pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS; (3) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan minat baca siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 201 siswa dan diambil sampel 133 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS; (2) terdapat pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS; (3) terdapat pengaruh fasilitas belajar dan minat baca siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca siswa terhadap hasil belajar IPS. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan minat baca siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS. Saran yang diberikan adalah diperlukan alat peraga, media pembelajaran dan penggunaan waktu membaca yang optimal untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS; Fasilitas Belajar; Minat Baca Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:25
Last Modified: 29 Nov 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33437

Actions (login required)

View Item View Item