IMPLEMENTASI MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK NU UNGARAN


Rahma Solecha Najib , 1102414032 (2019) IMPLEMENTASI MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK NU UNGARAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK NU UNGARAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen sumber belajar yang penting. Berbagai bentuk dan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi siswa. Semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pembelajaran yang bervariasi secara luas. Salah satu media pembelajaran yang menarik digunakan adalah media pembelajaran mobile learning. Guru melaksanakan pembelajaran hanya dengan metode ceramah dan media cetak tidak dapat mewujudkan aktivitas belajar aktif serta menyenangkan oleh siswa. Guru kurang memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil fokus penelitian mengenai implementasi media mobile learning untuk mata pelajaran desain grafis dengan menggunakan materi dasar-dasar desain grafis yang bertujuan mengetahui penggunaan media pembelajaran mobile learning pada siswa kelas X multimedia 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran dan siswa kelas X multimedia 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan cukup baik digunakan dalam proses pembelajaran ini. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase hasil mendesain siswa yang lebih banyak mendapatkan nilai diatas batas KKM (75) yaitu dari 32 siswa terdapat 22 siwa yang mendapatkan nilai prsaktik mendesain dengan nilai 80-85 bahkan ada yang lebih dari 85. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran mobile leaning sangat bermanfaat digunakan dalam pembelajaran desain grafis. Harapan peneliti untuk SMK NU Ungaran guru sebagai fasilitator hendaknya guru harus bisa mengkondisikan siswanya saat proses pembelajaran agar siswa bisa memahami materi yang disampaikan dan meluangkan waktu untuk mempelajari pembuatan media pembelajaran agar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Pemilihan media pembelajaran yang menarik bisa meningkatkan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, mobile learning, desain grafis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:23
Last Modified: 29 Nov 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33436

Actions (login required)

View Item View Item