PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DARING DI SMK NU UNGARAN


Mohammad Ilham Farid Aji. S , 1102413079 (2019) PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DARING DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DARING DI SMK NU UNGARAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DARING DI SMK NU UNGARAN) - Published Version
Download (935kB) | Preview

Abstract

Beberapa hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah belum dimanfaatkannya perpustakaan daring di SMK NU Ungaran, padahal peranannya dan manfaat yang diberikan oleh perpustakaan daring sangat memudahkan peserta didik ataupun guru dalam menunjang proses belajar mengajar. Diantara manfaat-manfaat tersebut yakni menyediakan sumber-sumber rujukan yang tepat, menghemat waktu, tenaga, biaya, tempat bagi peserta didik dan guru dalam mencari sumber pustaka yang tepat, menjadi pusat layanan bahan pustaka bagi peserta didik dan guru, mempermudah akses peserta didik dalam mendapatkan sumber informasi, dan membantu peserta didik, guru, dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah sistem perpustakaan daring yang tepat bagi SMK NU Ungaran. Penelitian ini mempunyai 2 tujuan yaitu pertama untuk mengetahui langkah-langkah mengembangkan sistem perpustakaan daring menggunakan LMS SLiMS, yang kedua untuk membuat sebuah perpustakaan daring yang layak sebagai salah satu sarana pendukukung proses pembelajaran di SMK NU Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan waterfall. Wujud dari sistem tersebut berupa perpustakaan daring menggunakan LMS dari SLiMS (Senayan Library Management System). Sistem dibangun dengan metode waterfall dengan melewati beberapa tahap yaitu analisis, desain, coding, dan testing. Setelah sistem dibangun, kemudian kelayakan sistem diujikan kepada ahli media. Kelayakan sistem yang dilakukan kepada ahli media mendapatkan perolehan rata-rata persentase kelayakan 95,8% dengan kriteria sangat baik. Kemudian, dari hasil ujicoba kepada peserta didik didapatkan hasil rata-rata 88,63%. Ini berarti penilaian peserta didik juga memberikan kriteria sangat baik dan sangat layak untuk digunakan. Dengan demikian Sistem Perpustakaan Daring dapat dikatakan sangat layak oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan mampu menjawab permasalahan sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Berdasar hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Daring layak untuk dijadikan salah satu media pendukung proses pembelajaran di SMK NU Ungaran. Saran yang dapat diberikan hendaknya dari pihak sekolah SMK NU Ungaran untuk dapat memperkenalkan (mensosialisasikan) dan mengembangkan lebih lanjut perpustakaan daring ini kepada para siswa sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan daring, pengembangan, senayan library management system
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:17
Last Modified: 29 Nov 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33435

Actions (login required)

View Item View Item