PENGEMBANGAN BUKU DOA BERGAMBAR MENGGUNAKAN INKSCAPE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS KUTTAB AWAL III DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG
Ahmad Ghilman , 1102413066 (2019) PENGEMBANGAN BUKU DOA BERGAMBAR MENGGUNAKAN INKSCAPE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS KUTTAB AWAL III DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU DOA BERGAMBAR MENGGUNAKAN INKSCAPE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS KUTTAB AWAL III DI KUTTAB AL-FATIH SEMARANG)
- Published Version
Download (742kB) | Preview |
Abstract
Penelitian media ini dilaksanakan di Kuttab Al-Fatih Semarang, sebuah sekolah non-formal berbasis keislaman setingkat dengan sekolah dasar. Berdasarkan pengamatan penulis dan wawancara dengan guru, ketika pembelajaran Al-Qur’an pada materi doa-doa di kelas Kuttab Awal III, para murid tidak memiliki buku yang menjadi referensi yang bisa dijadikan media pembelajaran. Selama ini para murid menulisnya langsung dari papan tulis yang dituliskan oleh para guru. Hal ini juga turut disampaikan oleh guru yang menyarankan agar siswa juga diberi buku pegangan untuk mempelajari doa-doa. Buku ini bertujuan agar murid dapat semakin bersemangat mempelajari doa-doa. Guru berharap agar buku tersebut menarik dan sesuai dengan gaya belajar anak-anak. Untuk itu peneliti berusaha mengembangkan buku yang bisa menjadi kebutuhan anak-anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku doa bergambar dan seberapa efektif dalam penggunaannya. Metode yang dipakai adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dari menganalisis kebutuhan, merumuskan materi, mendesain dan mencetak produk buku doa bergambar, validasi desain, uji coba produk awal, revisi, uji coba pemakaian terhadap 40 siswa dan kemudian dilakukan analisis uji keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media buku doa bergambar. Hal ini dilihat dari hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 88,23% dinyatakan sangat layak. Pada uji oleh ahli media untuk aspek media didapatkan hasil 88,33% dinyatakan sangat layak. Sedangkan hasil penilaian oleh siswa melelalui kuesioner untuk aspek tampilan dan keefektifan mendapat nilai 99%. Media kemudian diuji coba dan dilakukan uji keefektifan. Sampel didapati hasil bahwa pada α = 5% dengan dk=40-1=39 diperoleh ttabel = 2,022. Didapat thitung = 11,6303 > ttabel = 2,022. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media. Maka dapat dinyatakan bahwa media buku doa bergambar ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian pengembangan ini yaitu media buku doa bergambar layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mempelajari doa-doa dan efektif untuk digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu buku doa bergambar ini agar dapat diteliti lebih lanjut agar para siswa lebih mudah untuk menghafal doa melalui media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Doa-Doa, Media Buku Doa Bergambar, Pengembangan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 14:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 14:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33434 |
Actions (login required)
View Item |