PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SATURNUS KECAMATAN PAGUYANGAN BREBES


Alfiani Fatikhatul Qulubiyah , 1401415053 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SATURNUS KECAMATAN PAGUYANGAN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SATURNUS KECAMATAN PAGUYANGAN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SATURNUS KECAMATAN PAGUYANGAN BREBES) - Published Version
Download (820kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan perilaku sosial yang bertanggung jawab dalam mematuhi aturan-aturan yang telah dibuat oleh diri sendiri maupun orang lain, baik dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dalam negara maupun agama. Disiplin dalam menaati peraturan didasari oleh kesadaran pada dirinya sendiri. Kedisiplinan dalam pembelajaran penting dilaksanakan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar mengajar berjalan lancar, namun juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa. Sedangkan kemandirian merupakan perilaku yang menunjukkan kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur perilaku diri sendiri secara bebas serta berusaha sendiri untuk mengatasi perasaan-perasaan malu dan keragu-raguan. Kedisiplinan dan Kemandirian sangat diperlukan dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu Simple Random Sampling di peroleh sampel sebanyak 140 siswa dari populasi penelitian sebanyak 234 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V, dokumentasi yang berupa daftar nama siswa dan data nilai PTS mata pelajaran IPS semester genap, dan angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui data kedisiplinan dan kemandirian belajar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak tersruktur yang dilakukan dengan guru guna memperoleh informasi, dan angket/kuesioner yang diujikan kepada responden dengan skala pengukuran yang digunakan yaitu Skala Likert dengan empat skala penilaian. Analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas data, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien secara bersama-sama (uji F). Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil akhir penelitian ini ialah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN se-Gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan Brebes; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN se-Gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan Brebes; dan (3) kedisiplinan dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN se-Gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kedisiplinan, kemandirian belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:11
Last Modified: 29 Nov 2019 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item