PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL


Andi Rahmania , 1401415052 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter religius dilaksanakan di SDIT BIAS Assalam sebagai sarana pembentukan dan pengembangan karakter religius pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SDIT BIAS Assalam karena sekolah dasar ini menerapkan pendidikan karakter religius yang didasari dengan budaya sekolah. Pendidikan karakter penting untuk dilaksanakan sedini mungkin. Hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk dilakukan pada generasi penerus bangsa. Hal ini karena karakter yang kuat menjadi salah satu dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia tidak hanya dilihat dari segi intelektual saja, namun karakter yang tangguh juga sangat memengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Data sekunder diperoleh dari hasil observasi, hasil dokumentasi, dan teori yang mendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan (1) pengumpulan data di lapangan, (2) reduksi data, (3) penyajian data, serta (4) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah dilakukan pada lapisan artefak, nilai-nilai dan keyakinan, serta asumsi. Lapisan artefak meliputi aspek fisik dan aspek perilaku. Aspek fisik yakni dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung pendidikan karakter religius. Adanya program sekolah yang terkait dengan karakter religius merupakan bagian dari aspek perilaku. Lapisan nilai-nilai dan keyakinan yang disampaikan pada warga sekolah di antaranya: cinta kepada Allah, menjaga kebersihan merupakan hal yang penting, Rasulullah adalah teladan yang terbaik, setiap orang adalah pemimpin terutama bagi dirinya sendiri, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, saling menyayangi dengan saling mengingatkan dalam kebaikan. Pada lapisan asumsi, diperoleh hasil yaitu warga sekolah merasakan bentuk hubungan yang harmonis perlu diwujudkan oleh warga sekolah, kerja keras menjadi fakor utama keberhasilan, kerjasama memengaruhi mutu sekolah, dan penemuan yang menarik di SDIT BIAS Assalam adalah pemberian teladan atau pemodelan yang baik merupakan kunci dari kesuksesan. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi guru dan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan karakter melalui budaya sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter, Religius
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:12
Last Modified: 29 Nov 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33431

Actions (login required)

View Item View Item