PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Kukuh Dwi Jatmiko , 1401415051 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL) - Published Version
Download (851kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa. Lingkungan belajar yang diatur dan dipengaruhi sedemikian rupa akan dapat menjadi kawan yang mendukung pendidik dan siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai yang diharapkan. Siswa yang memiliki kedisiplinan yang tinggi akan selalu melaksanakan kegiatan belajar secara teratur. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal yang berjumlah 188 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 128 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi hasil belajar matematika, lingkungan belajar, dan kedisiplinan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk menemukan masalah, dokumentasi untuk hasil belajar matematika, dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,034 > 1,978 dan korelasi keduanya sebesar 0,409 atau sedang; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,270 > 1,978 dan korelasi keduanya sebesar 0,544 atau sedang; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 29,826 > 3,068 dan korelasi ganda dalam kategori sedang (0,568). Besarnya pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 32,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua sebaiknya lebih memerhatikan lingkungan belajar siswa dan meningkatkan kedisiplinan siswa supaya timbul rasa nyaman dan hasil belajar pun dapat optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika; Lingkungan Belajar; Kedisiplinan Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:14
Last Modified: 29 Nov 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33430

Actions (login required)

View Item View Item