KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PEDESLOHOR 01 KABUPATEN TEGAL


Endika Natasya Pradiptakusuma , 1401415047 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PEDESLOHOR 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PEDESLOHOR 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PEDESLOHOR 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (543kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran PKn yaitu guru kurang inovatif dalam mengemas pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran PKn. Hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran PKn, salah satunya menggunakan model Time Token. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keefektifan model Time Token dibandingan dengan model konvensional ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama di kelas V SDN Pedeslohor 01 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pedeslohor 01 dan SDN Pedeslohor 02 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 43 siswa. Siswa kelas V SDN Pedeslohor 01 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa, dan siswa kelas V SDN Pedeslohor 02 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, homogenitas, serta analisis yang menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung> ttabel (9,376 > 2,020) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), sedangkan uji keefektifan model Time Token ditinjau dari motivasi belajar siswa menggunakan uji One Samples t-test menunjukkan nilai thitung> ttabel (9,678 > 2,086). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan nilai thitung> ttabel (3,062 > 2,020) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05), sedangkan uji keefektifan model Time Token ditinjau hasil belajar menggunakan One Sample t-test menunjukkan nilai thitung> ttabel (4,226 > 2,086). Dapat disimpulkan bahwa model Time Token efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar PKn siswa materi keputusan bersama pada kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, dan Model Time Token
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:15
Last Modified: 29 Nov 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33429

Actions (login required)

View Item View Item