HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN JEPARA


Winda Nandika , 1401415043 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN JEPARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN JEPARA]
Preview
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MAWAR KECAMATAN WELAHAN JEPARA) - Published Version
Download (674kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bukan semata-mata karena pembelajaran di kelas, sekolah atau lingkungan bermain siswa, namun lingkungan keluarga khususnya orang tua memiliki peran penting dalam membangkitkan semangat siswa dalam belajar untuk mencapai masa depan siswa, orang tua merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan anak dalam belajar adalah perhatian orang tua atau keluarga dalam mencapai hasil belajar anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan perhatian orang tua dan motivasi siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Mawar Kecamatan Welahan Jepara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan perhatian orang tua dan motivasi siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Mawar Kecamatan Welahan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan sampel sebanyak 122 siswa yang diambil menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi perhatian orang tua dan motivasi siswa sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis data akhir dengan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan motivasi siswa dengan hasil belajar IPS, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,752 dengan nilai signifikansi 0,05, hasil korelasi ganda tersebut termasuk kategori kuat, dan kontribusi sebesar 56,6%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan motivasi siswa dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Mawar Kecamatan Welahan Jepara. Saran dalam penelitian ini, diharapkan selain orang tua dalam proses belajar mengajar, guru dapat lebih mendekatkan diri kepada orang tua siswa, agar terjalinnya komunikasi untuk mengetahui perkembangan anak dalam pelajaran khususnya pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, motivasi siswa, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:16
Last Modified: 29 Nov 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33428

Actions (login required)

View Item View Item