KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL


Rizka Istyana , 1401415042 (2019) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL) - Published Version
Download (991kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler sangat penting bagi pembentukan karakter siswa menjadi generasi muda yang berkualitas. Seni tari yang dilaksanakan dalam ekstrakurikuler di sekolah dasar bertujuan untuk membekali siswa dengan pengalaman estetik berupa kegiatan berekspresi dan berapresiasi tari. Penelitian yang dilaksanakan, diharapkan dapat menjadi tambahan referensi mengenai pelaksanaan pelatihan tari dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Fakta-fakta menarik yang ditemukan menyangkut pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD THHK Kota Tegal semoga bisa menjadi rekomendasi di masa mendatang. Fakta-fakta tersebut berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan tari, faktor pendukung dan hambatan dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dipilihnya pendekatan kualitatif dalam penelitian ini karena tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD THHK Kota Tegal. Pendeskripsian ini sifatnya menyeluruh dan utuh. Penelitian ini mencakup kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang berfokus pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan hambatan yang dihadapi selama kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dipopulerkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD THHK Kota Tegal dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Perencanaan kegiatan berisi perencanaan jenis tari yang akan diajarkan yang terdiri dari jenis tari tradisional, kreasi, dan mandarin. Ada dua pelatih tari yaitu dari pembina tari dan guru tari dari luar. Pelaksanaan pelatihan tari pada waktu yang sama dengan pelatih tari yang berbeda dan di ruangan yang berbeda. Proses pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Penilaian melalui pengamatan disetiap pelatihan tari. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari SDM siswa yang berkualitas, guru yang kreatif dan komunikatif, serta dukungan dari sekolah dan orangtua siswa. Hambatan yang dikeluhkan adalah mengenai kurangnya kesetaraan antara siswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari, waktu pelaksanan, tidak adanya pemanasan pada kegiatan awal latihan, dan prasarana sekolah. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa menjadi inspirasi bagi guru tari dan sekolah dalam penyelenggaraan ekstrakurikuler seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler; Pelaksanaan Kegiatan; Seni Tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:17
Last Modified: 29 Nov 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33427

Actions (login required)

View Item View Item